Kenapa fokus pada bayi-ibu-lansia?

15/11/2010 Comments Off on Kenapa fokus pada bayi-ibu-lansia?

Selang satu atau dua hari dari letusan pertama (26 Okt0ber 2010), kami di #UN mulai berpikir memfokuskan kegiatan menolong sesama yang kami. Beberapa ide kemudian muncul. Kebutuhan bayi, ibu, dan lansia akhirnya menjadi keputusan kami. Argumentasi kami sederhana. Setiap jiwa yang ada di tempat pengungsian yang diketahui negara berhak atas tiga kali makan sehari (pagi, siang, malam). Jatah makan masing-masing pengungsi mempunyai jatah empat ons beras, Rp. 3.500,- untuk lauk-pauk, dan Rp. 1.000,- untuk air minumnya.

Beras selalu diantarkan Bulog ke masing-masing kecamatan sesuai jumlah pengungsi di sana. Kecamatanlah bertugas membaginya ke pos-pos di bawahnya. Semenjak status Merapi naik menjadi siaga, TNI sudah mengerahkan armadanya untuk evakuasi dan kemudian menjadi tenaga masak di dapur umum pengungsian. Lengkap dengan alat masaknya. Mobil-mobil MCK milik DPU dan Pemkot juga segera dikerahkan ke titik-titik pengungsian. PAM juga selalu bersedia keliling di tempat-tempat pengungsian untuk memenuhi kebutuhan air bersih para pengungsi. Fakta-fakta ini menunjukkan bahwa kebutuhan papan dan pangan bagi pengungsi dewasa sudah dipenuhi oleh negara.

Pengungsi dewasa? Ya, pertanyaan kami selanjutnya adalah apa gunanya empat ons beras bagi bayi yang masih tergantung pada ASI? Apa gunanya lauk-pauk seharga Rp. 3.500,- bagi batita dan balita yang makanan utamanya adalah susu formula? Apa gunanya MCK bagi nenek yang sudah tak bisa berdiri, apalagi berjalan, dan sudah harus memakai popok. #UN pun memutuskan untuk lebih gencar mengumpulkan dan mendistribusikan logistik bayi, ibu, dan lansia.

Selain beragam bantuan yang mengalir ke posko kami, REI DKI juga mengirimkan donasi khusus untuk membantu kami membantu para bayi-ibu-lansia ini. Donasi sebesar Rp. 50.000.000,- yang dikirimkan via Butet Kertaredjasa ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bayi-ibu-lansia yang kami jadikan fokus ini. (Klik di sini untuk melihat laporan pembelanjaan donasi khusus.)

Terima kasih banyak atas donasi teman-teman sekalian!

Terus bantu kami membantu mereka!

Tagged: , , ,

Comments are closed.

What’s this?

You are currently reading Kenapa fokus pada bayi-ibu-lansia? at UNITED OF NOTHING.

meta

%d bloggers like this: